Kamis, 25 November 2010

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI

(STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Oleh : Yelli Eka Sumadhinata
(Dipublikasi : The 4th PPM National Conference on Management Research Jakarta, 25 November 2010, ISSN: 2086-0390, hal. 1-11)

ABSTRAK
Mempersiapkan Perguruan tinggi di dalam menghadapi persaingan Global tidaklah cukup hanya dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada para mahasiswanya, tetapi harus memiliki keunggulan bersaing salah satunya adalah proses kegiatan belajar mengajar yang berkualitas. Dimensi Kualitas kegiatan belajar dan mengajar yang baik dapat dilihat diantaranya dari keterlibatan dosen dan kurikulum yang diberikan. Dengan kualitas kegiatan belajar dan mengajar yang baik diharapkan para mahasiswa merasa puas, dan dapat merekomendasikan Universitas dimana mahasiswa tersebut menempuh pendidikan kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kualitas kegiatan belajar mengajar terhadap kepuasan mahasiswa sebagai upaya peningkatan daya saing perguruan tinggi. Objek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif-Verifikatif, dan untuk menganalisis data digunakan Regresi Linier. Dalam pengambilan sampel teknik yang digunakan adalah simple random sampling.Dari hasil peneliitian diketahui bahwa ada hubungan antara kualitas kegiatan belajar mengajar dengan kepuasan dengan persentase sebesar 0,4%, berdasarkan pengamatan dan wawancara terhadap responden selain faktor proses belajar mengajar ada beberapa faktor lain yang dapat memberikan kepuasan terhadap mereka adalah kepastian mendapatkan pekerjaan setelah lulus, bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan yang mereka ambil saat ini, juga kurikulum yang mendukung mereka setelah kuliah.
Kata kunci : Perguruan tinggi, kualitas belajar mengajar, kepuasan

1. Pendahuluan
Pada era globalisasi saat ini pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting, karena semakin tinggi pendidikan seseorang menunjukkan kualitas sumber daya yang semakin baik. Pentingnya pendidikan ini direspon sebagai suatu peluang untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan, hal ini terbukti dengan jumlah lembaga pendidikan yang semakin banyak.
Bertambahnya jumlah universitas-univeritas di kota Bandung dan Banten, ini menyebabkan persaingan mereka semakin ketat. Selain itu Menurut Rektor Universitas Muhammadiyah Prof., Dr. HAMKA (UHAMKA) Suyatno, rencana pemerintah melalui UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, untuk mengijinkan perguruan tinggi asing masuk ke Indonesia dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi lonceng peringatan keras bagi perguruan tinggi di dalam negeri yang tidak siap berbenah(http://www.sfeduresearch.org/content/view) . Artinya kini perguruan tinggi negeri maupun swasta harus bersaing dengan perguruan tinggi luar negeri dalam merekrut mahasiswa, Dan juga adanya Kebijakan Regulasi pemerintah (http://www.sfeduresearch.org/content/view), yaitu mengenai ”Kebijakan tentang otonomi kampus dan penentuan kurikulum akan membuat Perguruan Tinggi berkompetensi secara kualitas.
Berdasarkan . . . . . . . .

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).

Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar