Minggu, 14 November 2010

ANALISIS PENENTUAN PENDIRIAN LOKASI POTENSIAL STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) DAN PENGAWASAN DISTRIBUSI ARMADA PENGANGKUTAN BBM

DARI DEPO PERTAMINA KE SPBU SE BANDUNG RAYA DENGAN
MENGGUNAKAN GIS DAN CTRACK
oleh : I Wayan Kemara Giri
(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Techno-Economy, UTAMA, ISSN:2086-5414, 25 Feb 2010, hal 1-13)

ABSTRAK
Bertambahnya jumlah penduduk di kota Bandung dari tahun ke tahun secara tidak langsung akan memicu peningkatan penggunaan kendaraan bermotor yang mengakibatkan peningkatan kebutuhan akan bahan bakar sehingga diperlukan penentuan wilayah (lokasi) pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hampir di setiap sudut kota. Wilayah yang potensial akan menunjang mobilitas dan kelancaran pengguna kendaraan bermotor, selain itu roda perekonomian dalam praktek lapangannya tentu memerlukan moda atau kendaraan untuk menghubungkan wilayah yang satu dengan wilayah yang lainnya, sedangkan kendaraan memerlukan keberadaan bahan bakar baik itu bensin maupun solar.
Dalam upaya menganalisis ketepatan penetuan wilayah potensial pendirian SPBU di kota Bandung terdapat suatu sistem yang dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk dijadikan variabel keputusan. Sistem tersebut bernama Sistem Informasi Geografis (SIG atau singkatan bahasa Inggrisnya GIS Geographic Information System) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut wilayahnya, dalam sebuah database. Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan ruteerlukan keberadaan bahan bakar baik itu bensin maupun solar.
Dari hasil analisis dan pembahasan wilayah SPBU yang telah berdiri di Kota Bandung sampai tahun 2008, terlihat bahwa masih banyak SPBU di Kota Bandung yang belum bisa masuk kedalam kategori yang ditentukan yaitu fee dan jumlah penjualan, dengan kata lain masih banyak SPBU yang belum bisa memaksimalkan profitnya disebabkan oleh faktor pemilihan tempat, jarak atau radius antar SPBU yang berdekatan, faktor teknologi yang belum modern, serta pelayanan kepada konsumen. Berdasarkan kategori yang telah ditentukan, maka didapatkan 1 SPBU kategori A dan B serta 7 SPBU yang termasuk kategori C. Sedangkan wilayah yang menjadi rekomendasi untuk pendirian SPBU baru di Kota Bandung terdapat 10 (sepuluh) yaitu Cimahi Selatan (Cibeureum dan Melong), Cipageran, Cimahi Utara, Batujajar Barat, Derwati, Veteran,Asia Afrika, dan Kopo (Jln.H.Wahid Hasyim).

PENDAHULUAN
Penetapan lokasi untuk mendirikan sebuah SPBU di kota Bandung, penempatannya tidak saja memperhatikan kepadatan penduduk juga harus memperhatikan tingkat kepadatan alat angkutan, disamping itu juga harus memperhatikan tata letak kota sesuai dengan peruntukannya. Disamping memperhatikan tata letak kota juga harus ada surat izin tempat usaha (Situ) yang dikeluarkan baik oleh Pemerintah Daerah maupun Deperindag.
Dalam pendirian SPBU tidak hanya dibutuhkan izin dari PERTAMINA saja sebagai perusahaan negara pemegang hak monopoli atas penjualan bahan bakar di Indonesia, tetapi juga dibutuhkan perizinan dari Dinas Tata Kota Pemerintah Daerah Kota Bandung dan dinas Perdagangan setempat untuk menentukan apakah lokasi yang diinginkan oleh calon pengusaha SPBU telah memenuhi syarat berdasarkan tata guna lahan dan perencanaan dinas tata kota. Syarat yang dibutuhkan yaitu apakah lokasi tersebut berada di daerah perumahan, pertokoan, atau kawasan industri. Setiap lokasi tata guna lahan dapat mempengaruhi persetujuan untuk izin pendirian SPBU yang dapat dikeluarkan atau tidak.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). Begitu juga bagi teman-teman yang Artikelnya akan dimuat pada Jurnal tersebut, e-mail ke :kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Butuh Artikel lainnya?, click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar