Selasa, 02 Juli 2013

STUDI KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENCAPAI LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Bangunan Bangun Rejeki Semarang)

ANTARI SETIYAWATI - 2 0 0 9
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan dan kualitas
produk akan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam
jangka panjang.
Penelitian ini adalah penelitian observasional, data diambil menggunakan
prosedur purposive sampling dengan jumlah sampel 120 orang, dimana respondennya
adalah konsumen TB. Bangun Rejeki yang telah berbelanja lebih dari dua kali. Alat
analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada
program AMOS.
Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness of Fit Index, yaitu sebagai
berikut : nilai Chi-square= 68.327; Significance probability = 0,079; RMSEA =
0,075; CMIN/DF = 1.921; TLI = 0,978; CFI = 0,960; GFI = 0,972 dan AGFI = 0,934.
Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dari tujuh hipotesis, semua hipotesis
dapat diterima, maka dapat disimpulkan bahwa model penelitian ini dapat diterima.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty,
Tangibles, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan

Latar Belakang Masalah
Bisnis ritel atau eceran di Indonesia mengalami perkembangan yang
cukup pesat dengan banyak didirikannya toko-toko. Keberadaan pasar
tradisional mulai tersaingi atau bahkan tergeser oleh adanya bisnis eceran
modern. Menurut Ma’ruf (2005), perkembangan demografi, pertumbuhan
ekonomi, perkembangan sosial budaya, kemajuan teknologi, globalisasi,
infrastruktur, hukum dan peraturan mempengaruhi pertumbuhan pasar ritel
nasional saat ini. Sekarang tidaklah sulit untuk menemukan tempat-tempat
perbelanjaan yang menjual barang-barang bangunan secara eceran baik di kota
besar maupun di daerah, baik yang berskala besar maupun berskala kecil.
Saat ini konsumen dihadapkan pada semakin banyaknya pilihan toko
bangunan untuk berbelanja. Hal ini berdampak pada semakin kompetitifnya
persaingan antar toko ritel bangunan. Sehingga akibatnya, bisnis ritel toko
bangunan yang dikelola secara tradisional berubah menjadi bisnis yang semakin
inovatif, dinamis, dan kompetitif. Toko ritel bangunan dituntut untuk memiliki
kemampuan dan kesanggupan untuk menarik . . . . . . ... (baca_selengkapnya)  

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
------------------------------- 
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
                                                   
“Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
 
E:\K A N A I D I\Jurnal Kepuasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar