Selasa, 19 Oktober 2010

PENGARUH TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN PERBANKAN DI WILAYAH ETNIK BUGIS

Oleh : Alida Palilati
Staf Pengajar pada Fakultas Ekonomi, Universitas Haluoleo, Kendari
(Artikel dipublikasikan pada : Analisis, Volume 1, Nomor 2, Maret 2004)

Abstract

The study tries to test the impact customers satisfaction on the bank loyality. The data were collected from 477 customers in 7 sample areas selected by simple random sampling. The study reveals that there is no significant correlation between adequate satisfaction and loyality. The desired satisfaction correlated significantly and negatively with loyality, meaning that if the customers dissatisfaction increases, their loyality will decrease.
However the customers will be loyal in their willingness to accept low interest or high cost as their willingness to pay more to the company they trust. The dominant factors affecting the loyality are professionalism of the staff, interactive relations, and bank image.
Keywords: customers, satisfaction, bank, loyality

PENDAHULUAN
Dalam konteks teori consumer behavior, kepuasan lebih banyak didefenisikan dari perspektif pengalaman konsumen setelah mengkonsumsi atau menggu-nakan suatu produk atau jasa. Dengan demikian kepuasan dapat diartikan se-bagai hasil dari penilaian (persepsi) konsumen bahwa produk atau pelayanan telah memberikan tingkat kenikmatan di mana tingkat pemenuhan ini bisa lebih atau kurang. Tingkat kenikmatan yang dimaksud disini adalah kesesuaian antara apa yang dirasakan oleh konsumen dari pengalaman konsumsinya dengan apa yang diharapkannya. Dalam pengertian di atas yang terpenting adalah persepsi, bukan kondisi actual. Dengan demikian, bisa terjadi . . . . . . . (baca_selengkapnya )

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
----------------

Butuh Artikel Lain?, click di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar