Senin, 18 Oktober 2010

“Pengaruh Customer Value terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung”

Oleh : Kanaidi dan Santilawati

Jurusan Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia (Artikel Dipublikasikan pada ; ProMark Vol.1 No.1 Juni 2010, hal.21-38)

ABSTRAK

Pembahasan ini bertujuan unntuk mengetahui customer value yang diterima nasabah dan tingkat loyalitas nasabah, serta mengukur pengaruh customer value yang diterima nasabah dan tingkat loyalitas nasabah BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung.

Data yang didapat dianalisis secara deskriptif menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui penilaian nasabah tentang customer value dan tingkat loyalitas nasabah BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung, serta analisis verifikatif dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana dan uji hipotesis untuk menilai besarnya pengaruh customer value terhadap loyalitas nasabah BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung.

Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa nilai pelayanan bagi nasabah BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung dinilai berimbang antara besarnya manfaat yang didapat dengan pengorbanan yang dikeluarkan, serta nasabah BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung sudah termasuk dalam kategori nasabah loyal. Hasil analisis jalur dan uji hipotesis menunjukkan bahwa customer value mempunyai pengaruh yang kecil, baik secara simultan maupun secara parsial, terhadap loyalitas nasabah BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung.

Kata kunci : customer value dan loyalitas nasabah.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management)
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Butuh Artikel Lain?, click di :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar