Minggu, 20 Desember 2009

PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

(Survei terhadap para penghuni hotel di Semarang)
2007
Oleh : Yohanes Sugiharto
(Artikel Dipublikasikan pada ; VISI Edisi XVIII/2007, 52-64)

Abstrak
Companies make consumer’s satisfaction as one of their objectives. Satisfied consumers are expected to repeat buying, recommend company’s product to other persons, even to be loyal to the company. The article’s objective is to identify service variables with major contribution to overall satisfaction and its effect on loyalty. Purposive random sampling method is implemented to collect data from sample guests of hotels in Semarang to be tested using Structural Equation Modeling. Evidence shows that housekeeping service has positive, statistically significant, effect on customers’ satisfaction. Overall satisfaction variable is also has statistically significant effect on customers’ loyalty. Insight gained from the research is expected to contribute to development of alternative strategy in enhancing customers’ loyalty’

Keywords : Customers’ satisfaction; Customers’ loyalty

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management)
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Butuh Artikel Lainnya?, click di :


Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya

Oleh : Trisno Musanto

ABSTRAK

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Iklan Jitu surat kabar Jawa Pos pada CV.Sarana Media Advertiseng dan variabel mana yang memberikan kontribusi terbesar pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan.
Dalam penelitian ini mengunakan empat variabel untuk mewakili keppuasan pelanggan yang meliputi : reliability,response to and remedy of problems, sales experience dan convenience of acquisition.
Dari hasil perhitungan diketahui bahwa sales experience memberikan kontribusi terbesar terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci : kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.

PENDAHULUAN
Dewasa ini kebutuhan informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting di negara-negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Kebutuhan akan informasi dapat diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melalui TV, radio maupun surat kabar. Masing-masing cara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, tetapi mempunyai satu kesamaan yaitu memberikan informasi sekaligus sebagai sarana untuk mengiklankan satu produk maupun jasa.
Salah satu cara untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan adalah melalui surat kabar. Jawa Pos adalah satu satunya surat kabar nasional yang terbit dari Timur Indonesia dan merupakan sarana untuk membantu memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.
Dalam memberikan informasi kepada pembaca cukup bagus baik dari sisi berita yang selalu akurat, hangat dan terpercaya . . . . .. (baca_selengkapnya)

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 0812 2353 284
-----------------------------------------------
Butuh Artikel Lainnya?, click di :